Laman

Kamis, 11 Juni 2009

Segar Manfaat Daun Kemangi


Kali ini saya akan menulis artikel khas blog saya, sehelai daun. Yak, apalagi kalau bukan informasi unik dan bermanfaat tentang daun. Daun yang akan menjadi pembahasan minggu ini adalah daun kemangi. Hmm.. kalo sudah mendengar nama daun yang satu ini pasti bawaannya kita akan merasa lapar. Hehehe.. wajar saja, karena daun kemangi itu identik sebagai pelengkap makanan-makanan semacam ayam goreng, ayam panggang, dan makanan enak nan berlemak yang lain.
Sesuai dengan namanya, daun kemangi mempunyai aroma yang wangi, bersifat dingin dan menyegarkan serta memiliki karakter rasa yang agak manis. Biasanya orang-orang mengembang biakkan tanaman kemangi dengan menyebar bijinya. Perawatannya pun relatif mudah. Cukup dengan disiram air secukupnya, dijaga kelembapan tanahnya, dan diberi pupuk organik.
Seluruh bagian tanaman kemangi dapat berguna untuk menghilangkan bau badan dan bau mulut, anastesi, membantu mengatasi ejakulasi premature, anti kholinesterase, merangsang aktivitas syaraf pusat, melebarkan pembuluh kapiler (merangsang ereksi), menguatkan hepar, merangsang hormone esterogen, merangsang factor kekebalan tubuh, merangsang ASI, melebarkan pembuluh darah, mencegah pengentalan darah, melancarkan sirkulasi, merangsang keluarnya hormone androgen dan esterogen, serta mencegah pengeroposan tulang. Wah, banyak banget ya kegunaannya.. Tapi ups.. ternyata masih ada lagi nih.. Selain itu daunnya juga bermanfaat untuk memperkuat daya tahan hidup sperma, mencegah kemandulan, menurunkan gula darah, antihepatitis, diuretik, merangsang saraf dan analeptik.

Nah, ini dia resep-resep daun kemangi yang insya allah manjur seperti yang sudah tertulis di atas tadi.

1.  Bau badan dan keringat
     Tumbuk halus daun, biji dan akar kemangi secukupnya, lalu seduh dengan air panas sebanyak
     saring air seduhan lalu tambahkan gula aren secukupnya. Minum air seduhan pada pagi dan
     malam hari.

2.  Bau mulut, badan lesu
     Daun kemangi dimakan langsung sebagai lalapn

3.  Ejakulasi dini, peluruh gas perut, peluruh haid, peluruh ASI, panas dalam dan sariawan Rebus
     daun kemangi segar atau kering sebanyak 15 gram dalam 2 gelas air selama 15 menit. Minum dua
     kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar