Laman

Kamis, 11 Juni 2009

Menapak Manfaat Daun Tapak Liman


Kali ini Sehelai Daun akan hadir dengan artikel manfaat daun Tapak Liman. Daun Tapak Liman, mungkin nama tumbuhan ini masih sedikit asing bagi kita. Tapi saya yakin kebanyakan dari kita pasti sebenarnya sudah sering melihat tumbuhan ini. Ya, daun tapak liman memang tampilannya tak begitu eye-catching sehingga tak begitu diperhatikan oleh orang-orang disekitarnya. Nah, tumbuhan Tapak Liman ini memiliki nama latin Elephantopus scaber dan berasal dari Amerika Serikat. Orang Sunda menyebut Tapak Liman sebagai Balagaduk, di daerah Jawa ia dikenal dengan nama Tapak Tangan dan Tapak Liman, di Tanah Madura ia disebut Tapak Tana.
Tumbuhan ini dapat tumbuh mulai dari dataran rendah sampai pada dataran tinggi. Biasanya Tapak Liman dapat kita temukan di daerah padang rumput, pematang sawah, dan jalan setapak di sekitar hutan. Jadi kalau anda berminat untuk mencari tumbuhan Tapak Liman ini, maka perhatikanlah baik-baik langkah anda ketika melewati jalan setapak atau pematang sawah.
Sosok tumbuhan Tapak Liman adalah berupa terna tegak sepanjang sekitar 30 cm, dengan rimpang yang menjalar. Batangnya pendek dan kaku diselimuti oleh bulu-bulu halus panjang. Semua daun-daun Tapak Liman berada pada pangkal batangnya yang membentuk kumpulan daun-daun yang menutupi permukaan tanah. Daun Tapak Liman berukuran cukup lebar sekitar 3-6 cm dan memiliki panjang sekitar 20-30 cm. Bagian tepi daunnya bergerigi dan seluruh permukaan daunnya berbuluNah, sebenarnya apa sih manfaat Daun Tapak Liman? Daun Tapal Liman ini sudah lama dimanfaatkan oleh nenek moyang kita untuk mengobati sakit demam dan dapat juga digunakan untuk mengobati penyakit wasir. Cara menyembuhkan penyakit wasir ialah dengan cara merebus sekitar setengah kilogram Daun Tapak Liman yang telah dicuci bersih ke dalam satu setengah liter air. Uap rebusannya diarahkan ke dubur yang terkena sakit wasir, sampai beberapa saat lamanya. Pengobatan seperti ini dilakukan dua kali sehari selama sekitar lima hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar