Laman

Kamis, 11 Juni 2009

Hijau Manfaat Tanaman Lamtoro


Di awal pekan ini, Blog ini akan menyegarkan kembali lagi pikiran anda dengan artikel khasnya. Ya, apalagi kalau bukan artikel tentang manfaat-manfaat daun-daun dan tanaman yang ada disekitar kita. Dan kali ini Blog Obat Alami akan membahas tentang manfaat tanaman lamtoro. Siapa coba orang indonesia yang tak kenal dengan tanaman yang satu ini? Tanaman lamtoro tumbuh hampir di seluruh wilayah indonesia. Ia disebut pete selong atau pete cina di ranah Sumatera, Wong Jawa memanggil tanaman ini dengan sebutan lamtoro atau kemlandingan, di tanah Sunda tanaman lamtoro ini disebut peuteuy selong atau kamalandingan, sedangkan di daerah saya Madura, ia dipanggil melandingan.
Rasa asal tanaman lamtoro ini tentu saja agak pahit dan bersifat netral. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam tanaman lamtoro antara lain adalah kalsium, lemak,fosfor, besi, protein serta vitamin A, B1 dan C. Sementara bijinya mengandung mimosin, leukanin, protein dan leukanol.
Biasanya orang-orang mengembangbiakkan tanaman lamtoro dengan menyebarkan bijinya. Cara merawatnya pun relatif mudah. Tanaman lamtoro cukup disiram air secukupnya, dijaga kelembapan tanahnya dan dipupuk dengan pupuk organik.
Tanaman lamtoro dapat dimanfaatkan untuk obat-obatan. Manfat-manfaat tanaman lamtoro diantaranya adalah sebagai obat cacing, peluruh kencing, patah tulang, luka terpukul, susah tidur (insomnia), bengkak (oedem), radang ginjal, dan kencing manis. Akar tanaman lamtoro ini pun dapat dimanfaatkan sebagai peluruh haid.
Inilah resep-resep mengenai manfaat tanaman lamtoro untuk lebih lengkapnya.
1. Kencing Manis
Seduh satu sendok teh bubuk biji tanaman lamtoro dengan ½ cangkir air panas. Minum hasilseduhan saat masih hangat, setengah jam sebelum makan sebanyak dua sampai tiga kali sehari.
2. Cacingan, Bengkak (Oedem) dan Radang ginjal
Rebus atau seduh 3-5 gram serbuk biji tanaman lamtoro kering dengan 1 cangkir air panas, lalu minum air rebusan atau seduhannya. Lakukan pengobatan tiga kali sehari dengan dosis yang sama.
3. Bisul, Patah tulang, Abses paru, Luka terpukul, Susah tidur karena gelisah (Insomnia)
Rebus 10 gram seluruh bagian tanaman lamtoro dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum sekaligus satu kali sehari saat hangat.
4. Meluruhkan Haid
Rebus segenggam akar tanaman lamtoro dengan 3 gelas air sampai tersisa satu gelas. Minum air rebusan dua kali sehari masing-masing 1 gelas.
5. Meningkatkan gairah seks
Kocok 1 sendok bubuk biji tanaman lamtoro, 1 sendok bubuk lada hitam, 2 butir kuning telur ayam kampung mentah dan 1 sendok madu sampai rata. Minum campuran tersebut sekaligus satu hari.
Sebelum digunakan untuk resep-resep di atas, harap biji dikeringkan dan ditumbuk menjadi serbuk lalu disimpan. Semoga artikel manfaat tanaman lamtoro kali ini dari Obat alami Indonesia ini dapat bermanfaat bagi anda. Salam sehat dan segar selalu.

2 komentar:

  1. mantab infonya....ternyata sangat banyak manfaat lamtoro bagi kesehatan...

    BalasHapus
  2. apakah daun lamtoro juga dapat menyembuhkan jerawat???

    BalasHapus