Laman

Selasa, 23 Juni 2009

KHASIAT DAUN SALAM :

Daun Salam,
Mengobati Diabetes, Mengusir Diare

Natural Healing

Dapur tak ubahnya sebuah apotek kecil. Di sana tersimpan bermacam bumbu dapur yang siap beralih
fungsi menjadi obat tradisional.
Contohnya daun salam.
Bumbu penyedap masakan sambal goreng kentang, gulai tauco, dan nasi uduk ini adalah obat alternatif untuk penyakit kencing manis (diabetes mellitus).

Pengalaman nenek moyang yang diwariskan secara turun temurun serta diperkuat dengan
bukti-bukti riset ilmiah, membuktikan daun salam yang mengandung minyak atistri, tanin dan flavonoid, menularkan efek hipoglikemik.
Artinya, kombinasi zat-zat kimia yang terkandung dalam daun salam mampu menurunkan kadar gula darah yang melejit di atas normal.
Khasiatnya tidak cuma itu.
Daun salam juga terbukti efektif menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol darah, serta mengobati sakit maag (gastritis), katarak, gatal-gatal (pruritus), kudis (scabies) dan eksim (eczema).

Penelitian yang dilakukan secara terpisah oleh Beni Warman dari FMIPA Universitas Andalas dan Retno Sudewi dari Universitas Gajah Mada, memperkuat bukti kehebatan daun salam.
Keduanya menyimpulkan fakta bahwa ekstrak daun salam berkhasiat pula menghambat pertumbuhan bakteri-bakteri penyebab penyakit, seperti bakteri Escherichia coli, Vivrio Cholera dan Salmonella Sp. Berkat daya antibakteri ini, daun salam dapat mengatasi serangan diare.

Tak cuma daun

Selain daun, tanaman salam memiliki bagian lain yang juga berpotensi sebagai obat alam.
Kulit pohon dan buah salam juga bisa diramu menjadi obat antidiare.
Buah salam punya kelebihan lain, diantaranya bisa menetralisasi efek mabuk yang disebabkan terlalu banyak meneguk minuman beralkohol.

Resep daun salam

Diare
Ambil 15 lembar daun salam segar. Cuci bersih. Rebus dalam 2 gelas air sampai mendidih selama 15 menit. Masukkan sedikit garam. Setelah dingin, saring, lalu minum air rebusan sekaligus.

Kencing manis (Diabetes mellitus)
Ambil 7-15 lembar daun salam segar, cuci bersih.
Rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas.
Biarkan sampai dingin, lalu saring. Minum airnya sekaligus sebelum makan lakukan 2 kali sehari.

Sakit maag
Ambil 15-20 lembar daun salam segar.
Cuci bersih. Rebus dalam setengah liter air sampai mendidih selama 15 menit..
Tambahkan gula enau secukupnya. Setelah dingi, minum ramuan sebagai teh.
Lakukan setiap hari sampai rasa perih di lambung hilang.

Menurunkan tekanan darah tinggi
Ambil 7-10 lembar daun salam, cuci sampai bersih. Rebus dalam 3 gelas air sampai bersisa 1 gelas.
Setelah dingin, saring.
Minum air rebusan 2 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

Menurunkan kadar kolesterol
Sediakan 10-15 lembar daun salam segar.
Cuci bersih, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai bersisa 1 gelas.
Setelah dingin, saring.
Minum air rebusan sekaligus di malam hari. Lakukan setiap hari.

Asam urat tinggi
Ambil 10 lembar daun salam segar, rebus dengan 4 gelas air hingga bersisa 2 gelas.
Kemudian saring. Minum selagi hangat.

Eksim
Ambil 10 lembar daun salam segar dan 25 gram kunyit. 
Tumbuk sampai halus, lalu tambahkan air sedikit dan garam secukupnya.
Oleskan pada bagian kulit yang sakit.
Uji mikrobiologi dengan menggunakan metode cakram menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun salam dapat, menghambat pertumbuhan bakteri E.coli, Vibrio cholera, Salmonella sp. tetapi Enterobacter sp. bersifat resisten. (Beni Wraman, JF FMIPA UNAND) Ekstrak air daun salam memiliki efek hipoglikemik (menurunkan kadar gula darah). Pada tikus penderita diabetes mellitus yang tidak tergantung pada insulin (DMTTI), sedangkan pada tikus penderita diabetes mellitus yang
tergantung pada insulin tidak nampak efek hipoglikemik. (Ni Putu Maryati, FF UGM, 1989) Sumber: Atlas Tumbuhan Obat Ind./Dr. Setiawan Dalimartha/Nty

Daun salam memang benar dapat menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh tetapi hati-hati dalam pemakaiannya. Kenapa? Saya punya pengalaman mengenai penyakit diabetes yang diderita oleh ibu saya. Menurut Sinshe yang mengobati stroke dan kencing manis, daun salamnya cukup satu lembar dan dirobek-robek kemudian masukkan dalam gelas. Selanjutnya tuangkan air yang baru dipanaskan ke dalam gelas cukup sampai setengah gelas saja dan tunggu sampai hangat-hangat kuku baru diminum pada pagi hari. Kenapa daun salamnya cukup satu lembar dan diminum hangat2 kuku? Karena kalau kebanyakan lebih dari 3 daun dan diminum pada saat dingin bukan efek penyembuhan yang terjadi malah menjadi racun dalam tubuh maka itu hati-hati kalau makan daun salam pada sayur asam. Ini benar2 telah saya laksanakan dan ibu saya gula darahnya normal sekitar 180 sampai sekarang. Kecing manis/diabetes tidak bisa disembuhkan, yang bisa dilakukan adalah mengatur gula darah dalam tubuh kita. Sekian dan terima kasih

yang paling baik daun salamnya jangan direbus bersamaan dengan air. Yang benar adalah daun salam dirobek-robek dan dimasukkan ke dalam gelas baru dituangkan air mendidih sampai setengah gelas. Karena kalau direbus berbarengan dengan air maka zat-zat yang ada dalam daun salam menjadi berkurang bahkan hilang hingga hanya menjadi ampasnya aja

http://www.duitbux.com/?r=rejeki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar